PENELITIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

PENELITIAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER


Pendahuluan

Pada 1980-an, tidak ada satupun media pembelajaran atau obyek pembelajaran yang diproduksi memperhatikan kesenangan dalam pelaksanaan pendidikan dasar dan menengah seperti halnya yang dilakukan oleh computer. Selama dekade terakhir, jumlah mikrokomputer di sekolah telah meningkat hampir 50 kali lipat dari sekitar 50.000 menjadi sekitar 2.400.000. Akibatnya, banyak kegiatan penelitian saat ini dilakukan pada teknologi dalam pendidikan yang terkonsentrasi pada computer.
Penelitian ini difokuskan pada penggunaan komputer dalam bidang pendidikan. Dimulai dengan klarifikasi terminologi saat ini di lapangan, kemudian pindah ke diskusi tentang berbagai variasi sistem untuk mengkonsep dan mengkategorikan penggunaan komputer dalam pendidikan. Tinjauan penelitian ini dimulai dengan penjelasan dari dua studi tinjauan berskala besar, kemudian menyajikan hasil studi di daerah tertentu. Disertai pula dengan dua penelitian deskriptif utama, seperti saran untuk kemajuan masa depan dalam penelitian CBL.

Pembahasan
Dengan adanya peningkatan dalam pentingnya komputer dalam pendidikan telah muncul beberapa kontroversi mengenai terminologi untuk menggambarkanya, yaitu CAI (computer assisted instruction), CBI (computer based instruction), CBL  (computer based learning), CBE (computer based education) and CAL (computer assisted learning).

CAI (computer assisted instruction)
Komputer hanya dimanfaatkan sebagai alat bantu yang keberadaannya terprogram khusus untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Peran guru tidak semuanya dihilangkan dan komputer hanya beperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi. semua digunakan untuk menggambarkan aplikasi komputer dalam pendidikan

CBI (Computer Based Instruction)

Bisa dilihat dari namanya, Computer Based Instruction merupakan pembelajaran yang berbasis komputer. Komputer di sini berperan sebagai inti utama dalam pembelajaran. Transfer materi pelajaran kepada siswa dilakukan melalui komputer. Pada Computer Based Instruction ini siswa berperan lebih aktif dalam mempelajari materi pelajaran yang telah didesain dalam komputer.
CBL (computer based learning)

Komputer sebagai sarana utama yang mengkomunikasikan materi kepada siswa namun keberadaanya tidak dirancang khusus untuk pembelajaran

CBE (Computer Based Education)

Semua kegiatan pendidikan, baik yang sengaja dirancang untuk pembelajaran maupun yang serta merta namun bersifat mendidik yang memanfaatkan media komputer.
CAL (computer assisted learning)
Komputer hanya dimanfaatkan sebagai alat bantu yang keberadaannya tidak terprogram khusus untuk pembelajaran.


CBL saat ini menjadi istilah paling sesuai yang menggambarkan semua pembelajaran siswa yang berhubungan dengan komputer. Istilah ini dianggap lebih sesuai sebab CBL memiliki tujuan/program khusus yang sengaja di desain untuk pembelajaran. Dalam setiap penelitian terapat tahap-tahap yang harus dilalui termasuk juga pada penelitian CBL, tahap-tahap tersebut adalah:
Problems with the research (Adanya masalah dalam penelitian sebelumnya)
Categories for CBL (Mengkategorikan kegunaan untuk CBL)
Major reviews (Meninjau ulang hasil penelitian sebelumnya)
Studies in specific areas (Memiliki area khusus untuk penelitian)
Descriptive studies (Studi deksriptif)
Design issues (Mendesain CBL)
Cost effectiveness research (Efektivitas biaya penelitian)

Beberapa peneliti yang melakukan penelitian tentang CBL, ialah:
a)        Kulik, Bangert, dan Williams (1983)
Ada tiga garis besar dalam meta-analisis studi dalam penyelesaian kulik, satu studi meneliti efek belajar berbasis komputer pada siswa SD, kemudian diperiksa bagaimana efeknya pada siswa sekolah tersebut, dan dalam penelitian tersebut meneliti efek pada mahasiswa.
Hasil dari penelitian Kulik dan rekan-rekannya adalah bahwa pendekatan komputer merupakan sesuatu yang paling efektif untuk siswa SD dan paling efektif pula untuk mahasiswa didalam suatu pembelajaran.

b)       MD Robyler
Masalah yang diteliti : di bidang sikap, konten, jenis aplikasi, tingkat kelas dan jenis siswa.
Hasil:
Robyler menemukan bahwa efek dari penggunaan komputer yang tertinggi berada pada tingkat perguruan tinggi dan terendah pada tingkat sekolah menengah.
Tinjauan Robyler mengkonfirmasi laporan sebelumnya bahwa aplikasi komputer lebih efektif untuk mengajar matematika daripada membaca dan keterampilan berbahasa.
Robyler menemukan kecenderungan, yang telah dilaporkan sebelumnya, dalam penggunaan komputer agar lebih efektif bila digunakan oleh siswa dengan prestasi rendah.

c)        Chen, 1986; Collis, 1985; Miura & Hess, 1983
Masalah yang diteliti : Perbedaan gender dalam penggunaan komputer, sikap, dan bakat juga telah menjadi area penting dalam penelitian bagi para peneliti dalam pembelajaran berbasis komputer.
Hasil:
Wanita cenderung setuju secara abstrak tentang kemampuan perempuan dengan komputer, tapi ketika ditanya tentang kemampuan mereka sendiri, mereka menilai diri mereka sendiri kurang dari cukup (Collis, 1985; Chen, 1986).
Betty Collis (1985) perbedaan jenis kelamin pada sikap terhadap komputer ternyata ada.
Chen (1986) Dia juga melaporkan bahwa anak laki-laki lebih banyak memiliki komputer di rumah daripada perempuan.
Hess dan Miura (1985) menemukan bahwa dalam 23 program musim panas yang mereka pelajari, anak laki-laki kalah jumlah perempuan dengan rasio 3 banding 1 di tingkat sekolah dasar dan sekitar 4 sampai 1 pada tingkat sekunder.
Chen (1986) menemukan bahwa lebih banyak orang tua membeli komputer kepada anak lelaki daripada anak perempuan. Setelah melakukan survei empat majalah komputer yang popular.


d)     Hendry Becker (1990)
Masalah yang diteliti : melakukan survey penggunaan komputer di sekolah-sekolah selama tahun 1980.
Hasil : Becker menyampaikan tiga kesimpulan yang ia dapat dari hasil penelitiannya, yaitu:
meskipun adanya kenaikan yang luar biasa dalam penyediaan perangkat keras dan lunak di sekolah. Namun, hanya sebagian kecil guru dan siswa yang menggunskan komputer dalam pembelajaran. Hambatan terbesar disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan komputer secara efektif dan tepat
Perangkat keras yang tersedia di sebagian besar sekolah tidak cukup untuk mendukung pembelajaran secara lebih kompleks.
Program pengolah kata merupakan kegiatan belajar pertama di sekolah USA yg menggunakan teknologi berbantuan komputer. Namun, program pengolah kata ini bukanlah suatu kegiatan pembelajaran menulis yg terintegrasi, melainkan hanya belajar tentang program pengolah kata itu sendiri. Program pengolah kata ini menjadi salah satu alat bantu dalam pembelajaran menulis.

e)        OTA (Office of Technology Assessment)
Masalah yang diteliti : Pada tahun 1988 OTA dalam laporannya yang berjudul Power On: New Tools for Teaching and Learning,menggambarkan keadaan penggunaan teknologi di sekolah-sekolah saat ini dan rekomendasi yang diberikan untuk penelitian dan usaha pengembangan di daerah tersebut (Porro, 1988).
Hasil : Laporan itu menyimpulkan bahwa meskipun teknologi interaktif baru tidak dapat berdiri sendiri dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Amerika. Namun, teknologi interaktif baru telah memberikan kontribusi penting dalam perbaikan proses belajar, terutama dalam memajukan substansi dan proses pendidikan yaitu dengan membantu anak-anak memperoleh keterampilan dasar, sehingga mereka dapat memperoleh dan menerapkan pengetahuan selama masa hidup mereka.
Hasil penelitian menyimpulkan komputer memiliki kegunaan yang paling menjanjikan saat ini dalam dunia pendidikan, antara lain:
Latihan dan praktek untuk menguasai keterampilan dasar.
Pengembangan keterampilan menulis.
Pemecahan masalah.
Memahami konsep abstrak matematika dan ilmu pengetahuan.
Simulasi dalam studi ilmu pengetahuan, matematika dan sosial.
Manipulasi data.
Akuisisi keterampilan komputer untuk tujuan umum, bisnis, dan pelatihan kejuruan.
Akses dan komunikasi untuk populasi siswa yang belum terlayani secara tradisional.
Akses dan komunikasi bagi guru dan siswa di lokasi terpencil.
Individualized learning.
Cooperative learning.
Manajemen kegiatan kelas dan pencatatan.

f)         Johnson, Johnson & Stanne (1985)
Dalam satu studi tersebut dibandingkan efek dari struktur tujuan kooperatif, kompetitif dan individualistis pada produk siswa menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan bantuan komputer dalam suatu instruksi koperasi yang dipromosikan secara kuantitas maka akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar dan kualitas prestasi sehari-hari dan memecahkan masalah yang lebih dalam hal tersebut menjadi sukses daripada pembelajaran komputer yang dibantu secara kompetitif atau individual. Salah satu hasil yang sangat dramatis adalah bahwa sikap perempuan terhadap belajar yang lebih terpengaruh dalam kondisi kompetitif.

g)        Lehrer & Randle (1987)
Dalam pembelajaran intra-menengah, terdapat empat puluh lima anak kelas tiga ditugaskan secara acak untuk memilih salah satu dari dua Logo berbasis kondisi instruksional atau ke tiga pemecahan masalah yang sesuai dengan kondisi kontrol perangkat lunak (Lehrer & Randle, 1987).
 Hasil penelitian Lehrer mengusulkan perlunya penelitian yang mungkin lebih lanjut dalam meneliti pemecahan masalah dan hasil metakognitif dari suatu kerja komputer dengan bahasa pemrograman atau masalah lain yang dapat dipecahkan dalam suatu permasalahan lingkungan. Temuannya di bidang perencanaan dan belajar geometri tersebut menyarankan suatu jalan yang bermanfaat untuk suatu pekerjaan yang lebih lanjut.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian CBL terdahulu dapat disimpulkan bahwa secara umum siswa dapat belajar dengan efektif menggunakan computer dan dalam beberapa kasus, computer bekerja untuk meningkatkan prestasi dan sikap siswa terhadap materi pelajaran. Awal penelitian dinyatakan bahwa CBL paling efektif digunakan pada tingkat sekolah dasar, sedangkan pada penelitian akhir dinyatakan bahwa CBL efektif pada tingkat perguruan tinggi.
Untuk penelitian lebih lanjut, hendaknya penelitian tidak lagi berbicara mengenai pengaruh CBL terhadap pembentukan sikap ataupun hasil belajar siswa. Namun, lebih berfokus pada bagaimana merancang sebuah pembelajaran berbasis computer yang sesuai dengan materi karakteristik siswa, sudah semakin berkembang. Hal yang paling penting adalah bagaimana mendesain sebuah pembelajaran berbasis computer yang sesuai dengan karakteristik materi, siswa dan lingkungan  belajar.

Saran untuk penelitian masa depan
Beberapa saran dari penelitian masa lalu, untuk dapat dilakukan dimasa depan yaitu:

Secara garis besar, beberapa penelitian yang dapat dilakukan untuk masa depan, yaitu:

Penelitian tentang efek pengalaman pemrograman dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah pada siswa.
Penggunaan komputer dalam pengajaran menulis.
Penggunaan simulasi dan microworlds untuk mengajarkan masalah urutan yang lebih tinggi kemampuan memecahkan.
Penggunaan alat-alat untuk meningkatkan tugas-tugas belajar.
Pengembangan kurikulum baru yang berfokus pada how to learn.


Menurut Robyler, ia menyarankan bahwa penelitian pada masa depan dalam pembelajaran berbasis computer harus berkonsentrasi pada:

a.    Aplikasi dalam berbagai hal keterampilan dan area konten
b.    Computer aplikasi dalam bahasa inggris sebagai bahasa kedua (ESL)
c.    Dalam pengolahannya menggunakan word
d.    Kreativitas dan pemecahan masalah dengan logo dan CAI
e.    Efek penggunaan computer pada sikap dan tingkat drop-out
f.     Diferensial efek dari penggunaan computer pada pria dan wanita

Chen menganjurkan:
Memperhatikan lebih dekat dengan proses pengaruh sosial yang memengaruhi perempuan
Menggunakan subjek-materi kursus dalam bahasa Inggris, matematika, sains, sejarah, dan mata pelajaran lain untuk memperkenalkan komputer. Menghindari pemrograman sebagai paparan awal
Menekankan aplikasi komputer (grafis, database, telekomunikasi) untuk mendorong lebih banyak partisipasi perempuan
Memperluas penggunaan komputer di sekolah menjadi “aplikasi dunia nyata”
Jangan bersedih , inilah kiat-kiat untuk bahagia

Jangan bersedih , inilah kiat-kiat untuk bahagia


  1. Sadarilah bahwa jika anda tidak hidup hanya dalam batasan hari ini saja, maka akan terpecahlah pikiran anda, akan kacau semua urusan, dan akan semakin menggunung kesedihan dan kegundahan diri anda. Inilah makna sabda Rasullullah : “jika pagi tiba janganlah menunggu sore, dan jika sore tiba, janganlah menungggu hingga waktu pagi “
  2. Lupakan masa lalu dan semua yang pernah terjadi, karena perhatian yang terpaku pada yang telah lewat dan selesai merupakan kebodohan dan kegilaan.
  3. Jangan menyibukkan diri dengan masa depan, sebab ia masih berada di alam ghaib. Jangan pikirkan hingga akan dating dengan sendirinya.
  4. Jangan mudah tergincang oleh kritikan. Jadilah orang yang teguh pendirian dan sadarilah bahwa kritikan itu akan mengangkat harga diri anda setara dengan kritikan tersebut.
  5. Beriman kepada Allah, dan beramal shalih adalah kehidupan yang baik dan bahagia.
  6. Barangsiapa menginginkan ketenangan, keteduhan, dan kesenangan maka ia harus berdzikir kepada Allah.
  7. Hamba harus meyadari bahwa ssegala sesuatu berdasarkan ketentuan qadha’ dan qadar.
  8.  Jangan menunggu terimah kasih dari orang lain
  9. Persiapkan diri anda untuk menerima kemungkinan terburuk
  10. Kemungkinan yang terjadi itu ada baiknya untuk diri anda
  11. Semua qadha’ bagi seorang muslim baik adanya
  12. Berpikirlah tentang nikmat, lalu bersyukurlah
  13. Anda dengan semua yang ada pada diri anda sudah lebih banyak daripada yang dimiliki orang lain.
  14. Yakinlah dari waktu ke waktu selalu saja ada jalan keluar.
  15. Yakinlah, dengan musibah hati akan bergerak untuk berdoa
  16. Musibah itu akan menajamkan nurani dan menguatkan hati
  17. Sesungguhnya setelah kesulitan itu akan ada kemudahan
  18. Jangan pernah hancur hanya karena perkara-perkara yang sepele
  19. Sesungguhnya Rabb itu maha Luas ampunan-Nya.
  20. Jangan marah, jangan marah, jangan marah.
  21. Kehidupan ini tak lebih hanya sekedar roti, air, dan bayangan. Maka, tak usahlah bersedih jika semua itu ada.
  22. (Dan, dilangit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu.)
  23. Kebanyakan dari apa yang anda takutkan tidak pernah terjadi.
  24. Pada orang – orang yang yang tertimpa musibah itu ada suri tauladan.
  25. Sesungguhnya, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberikan cobaan atas mereka
  26. Ulangilah doa-doa untuk menghapuskan bencana
  27. Anda harus melakukan perbauatan yang baik dan membuahkan, dan tinggalkanlah kekosongan .
  28. Tinggalkanlah semua kasak-kusuk, dan jangan percaya kepada kabar burung.
  29. Kedengkian dan keinginan Anda yang kuat untuk membalas dendam itu hanya akan membahayakan kesehatan anda sendiri. Lebih besar daripada bahaya akan menimpa pihak lawan.
  30. Semua musibah yang menimpa diri anda adalah menghapus dosa-dosa.

Faedah membaca

Faedah membaca


  1.  Membaca dapat mengusir perasaan was was, kecemasan, dan kesedihan
  2.  Membaca dapat menghindarkan seorang agar tidak tenggelam dalam hal hal yang batil
  3.  Membaca dapat menjauhkan kemungkinan seseorang untuk berhubungan dengan orang – orang yang menganggur dan tidak memiliki aktivitas.
  4.  Membaca dapat melatih lidah untuk berbicara dengan baik, menjauhkan kesalahan ucapan dan menghiasi nya dengan balaghah dan fashahah.
  5.  Membaca dapat mengembangkan akal, mencerahkan pikiran, dan membersihkan hati nurani.
  6.  Membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan daya ingat serta pemahaman.
  7.  Dengan membaca orang dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain, kebijaksanaan kalangan bijak kestari, dan pemahaman ulama.
  8. Mematangkan kemampuan seseorang untuk mencari dan memproses pengetahuan, untuk mempelajari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda, dan penerapannya dalam kehidupan nyata.
  9. Menambah keimanan, khususnya ketika membaca buku-buku karangan kaum muslimin. Sebab buku merupakan; pemberi nasehat yang paling agung, pendorong jiwa yang paling besar dan menyuruh kepada kebaikan yang  paling bijaksana.
  10. Membaca dapat membantu pikiran agar lebih tenang, membuat hati agar lebih terarah, dan memanfaatkan waktu agar tidak terbuang percuma.
  11. Membaca dapat membantu memahami; proses terjadinya kata secara lebih detil, proses pembentukan kalimat, untuk menangkap konsep dan untuk memahami apa yang berada di balik tulisan.
  12. Seorang penyair mengatakan :
          Kehidupan jiwa adalah konsep dan makna
          Bukan yang engkau makan dan minu

kata kata bijak

kata kata bijak



suatu kewajiban, yang menjadi kewajiban adalah perjuangan kita untuk menjadi sukses. Menjadi sukses itu bukanlah Bila kegagalan itu bagai hujan, dan keberhasilan bagaikan matahari, maka butuh keduanya untuk melihat pelangi.

Hidup itu maju kedepan! Bukan mundur ke belakang! Lupakan yg telah berlalu! Jadikan ia patokan untuk lebih baik dimasa depan.

Manusia adalah makhluk satu-satunya yang dapat menebang pohon, mengolahnya menjadi lembaran kertas, dan menulis Stop Penggundulan Hutan diatas kertas tersebut.

Inti keperjuangan adalah menjalani dengan usaha dan ditambahi dengan keiklasan. Allah sebenarnya telah menyediakan penyelesaian atas kesulitan yang kita hadapi, namun Allah tidak segera menurunkan penyelesaiannya karena ingin mengetahui seberapa besarnya cinta kita pada Nya.

Allah tidak menurunkan takdir begitu saja. Allah memberikan takdir sesuai dengan apa yang kita lakukan. Jika kita maju dan berusaha, Allah akan memberikan takdir kesuksesan. Jika kita lengah dan malas, maka Allah akan memberikan takdir kegagalan.

Saat kita menatap ke belakang sesungguhnya kita telah tertinggal dengan orang yang merangkak ke depan. Sesungguhnya masa lalu adalah guru bagi kita untuk menatap dan membangun masa depan.

Allah menciptakan segala sesuatu berpasang pasangan.Ada tangan kanan,ada tangan kiri.Ada yang pintar,ada yang bodoh.

Jangan bilang kau tak pernah mengecap manisnya keberhasilan,jangan bilang kau gak pernah mengecap pahitnya kegagalan.Tapi biarlah semua seperti air mengalir dan lakukanlah yang terbaik didalam keseharianmu.

Jika kamu takut melangkah, lihatlah bagaimana seorang bayi yang mencoba berjalan. Niscaya akan kau temukan, bahwa setiap manusia pasti akan jatuh. Hanya manusia terbaik lah yang mampu bangkit dari ke jatuhannya.

Berfikir sebelum berbuat adalah satu kebijaksanaan, berfikir setelah berbuat adalah satu kebodohan, sementara berbuat tanpa berfikir adalah seribu kebodohan Barang siapa yang dapat menahan marahnya, padahal dia berhak untuk melepaskan amarahnya itu maka Allah memenuhi hatinya dengan iman dan rasa aman serta ketenangan.

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan. Dunia ini ibarat sebuah lautan yang luas, dan kita adalah kapal yang berlayar dilautan yang telah banyak kapal karam didalamnya. Namun andai muatan kapal kita adalah iman,dan layarnya adalah takwa, yakinlah bahwa kita tidak akan pernah tersesat dilautan kehidupan itu.

Hati yang terluka adalah seumpamanya besi bengkok, walau telah diketuk, sulit kembali menjadi bentuk asalnya. Jadikanlah masa lalu sebagai pengalaman dan pelajaran, masa yang sedang berjalan isilah dengan amal dan perbuatan, dan masa depan janganlah terlalu diangan-angankan.

Takdir sebenarnya bukan masalah kesempatan, tetapi masalah pilihan. Takdir bukannya harus ditunggu, tapi takdir haruslah diraih.

Tetaplah berbagi meski kamu merasa tak punya apa-apa. Karena kamu bisa berbagi perhatian, kasih sayang, pun cinta. Tuluslah ketika berbagi.

Berfikir secara rasional tanpa dipengaruhi oleh naluri atau emosi merupakan satu cara menyelesaikan masalah yg paling berkesan.

Orang yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca karena membaca itu sumber ilmu, menyediakan waktu tertawa karena tertawa itu musiknya jiwa, menyediakan waktu untuk berfikir kerana berfikir itu dasar kemajuan, menyediakan waktu untuk beramal karena beramal itu pangkal kesuksesan, menyediakan waktu untuk bercanda karena bercanda itu akan membuat selalu muda dan menyediakan waktu beribadah karena beribadah itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa.
Bangga Menjadi Muslim

Bangga Menjadi Muslim


Islam bukan hanya sekedar Istilah , baik secara lughawi (bahasa) maupun takrif (divinisi)

Islam mempunyai beberapa makna di antaranya, patuh, pasrah, berserah diri dan sejahtera,  seperti pada redaksi ayat pada surat 2 ayat 112, 128, 131 dan beberapa ayat lainnya

namun tidak akan muttashil/bersambung redaksinya manakala manakala dihubungkan dengan ayat ini.

Barangsiapa mencari agama selain AGAMA ISLAM, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan Dia di akhirat Termasuk orang-orang yang rugi. (QS 3;85)

Dan ayat ini

pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai ISLAM ITU JADI AGAMA bagimu. (QS 5:3)

satu lagi

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.(QS 2;208)

sejak Rasulullah di utus Non Muslim juga sudah ada, baik dari kalangan Yahudi maupun Nasrani, karena Yesus diproklamirkan sebagai tuhan lewat konsili Nizea pada tahun 325 M. Jauh Sebelum nabi yang Mulia kita lahir Tahun 570 M. Bahkan ketika “Uzair oleh orang Yahudi disebut sebagai anak tuhan.

Bila kita memahami ISLAM hanya sebatas istilah bahasa, maka sama saja kita menganggap semua agama sama lalu di mana wala atau loyalitas kita .

Padahal ekspansi ke berbagai belahan negeri yang dilakukan baik mulai dari masa Rasulullah masih hidup maupun diteruskan oleh para sahabat adalah mendakwakan Islam, sebagai satu satunya agama,namun bukan berarti memaksa. Apa mungkin nabi salah dalam memaknai Islam dan kesalahan itu terus terwariskan kepada para sahabat, tabi’en dan tabi’et tabien bahkan sampai kepada ulama ulama penerusnya bahkan sampai sekarang...

Saya Muslim saya bangga sebagai Muslim, punya Tuhan  yang tunggal, nabi yang terakhir, kitab yang jelas dan terjaga keotentikannya.

Andai tuhan kita disalib bagaimana nasib kita, menyelamatkan dirinya saja tidak bisa ketika ditangkap di bukit Golgota, bila ia penebus dosa mengapa tidak menyerahkan diri, mengapa dosa harus ditebus bukankah Ia tuhan, yang tinggal menghapus saja dosa hambanya, agar ia bisa tetap hidup sampai sekarang dan kita juga merasakan dapat melihat tuhan.

Andai kitab kita ada perjanjian baru dan lama, ada barnabas  lalu yang mana yang kita ikuti, karena isi tiap kita kontra diktif satu dengan lainnya, bahkan pengarangnya, yohanes, lukas, Matius dan Markus adalah para nabi (menurut mereka)yang hidup tidak sezaman dengan nabi Isa..
Sekali lagi saya bangga menjadi Muslim, bukan hanya sebagai Arkan (berkelakuan), namun sebagai identitas.



Silahkan mencopy artikel ini, tapi jangan lupa sertakan sumbernya: http://kiosqalbu.blogspot.com/2012/12/bangga-menjadi-muslim.html#ixzz2I611CycH
Dosamu Adalah Aib

Dosamu Adalah Aib


Maka keduanya memakan dari buah pohon itu, lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun (yang ada di) surga, dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah ia. (QS 20;121)

Ayat  di atas mengisahkan keadaan nabi Adam ketika melanggar larangan Allah, untuk tidak mendekati apalagi memakan buah Khuldi, tapi karena tipu daya setan yang terus dilancarkan melalui siti Hawa maka keduanya terjerumus terhadap larangan Allah.

lalu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, kata aurat boleh jadi adalah pengertian hakiki, yakni aurat yang sebenarnya dengan diperjelas oleh redaksi ayat setelahnya dengan kata “menutupinya dengan daun-daun , karena lenyapnya pakaian ahli surga yang mereka kenakan .

Namun saya memahaminya dari sisi majazinya, AURAT , berasal dari kata “ara, ya’uru, auratan maknanya telanjang, Adam menutupi tubuh telanjangnya tentunya karena rasa malu, perbuatan maksiat yang dilakukan oleh Adam adalah sesuatu Aib, cela yang menimbulkan rasa malu, yang mana sebagai manusia yang telah Allah ciptakan lebih mulia dari makhluk lainnya termasuk Setan masih dapat jatuh kepada tipu daya setan, yang derajatnya berada di bawah manusia .

Intinya dosa atau maksiat sebenarnya adalah sesuatu aib, cela yang seharusnya membuat malu pelakunya, sebagaimana yang dialami Adam AS, namun bagaimana bila maksiat yang dilakukan seseorang tak lagi membuat malu pelakunya ?,. dalam hal ini nabi SAW menjelaskan tentang maksiat atau dosa, ketika seorang sahabat bertanya .

“wahai Rasulullah apa dosa itu ? nabi menjawab

الاسم ما حاك في نفسك وكرهت أن يطلع الناس

Dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan hatimu dan kamu malu , tidak suka bila dilihat orang..

Begitulah yang terjadi pada nabi Adam, perbuatan maksiat yang dilakukan telah membuat keduanya seperti telanjang bulat..

Namun dalam keterangan selanjutnya berbahagialah bila rasa malu itu masih ada, karena itu bertanda kita masih punya iman, akan menjadi musibah manakala maksiat yang kita lakukan tak lagi membuat kita gelisah, hilanglah rasa salah dan berdosa ,hingga akhirnya kita berbuat dosa merasa tidak bersalah..
Hingga akhirnya nanti enggan bertaubat.//. Naudzu billah.
keutamaan majlis ilmu

keutamaan majlis ilmu


Sahabatku  inilah keutamaan majlis ilmu, apalagi setelah sholat subuh di masjid berjamaah sampai matahari terbit :
  1.       Meraih pahala haji umrah sempurna “barang siapa menegakkan shalat subuh berrjamaah di masjid, lalu ia duduk berdzikri (tadurrusan) sampai matahari terbit, lalu menegakkan shalat dua rakaat, maka ia akan meraih pahala haji & umrah. Rasulullah melanjutkan shalat “sempurna,sempurna,sempurna”(HR.At-Tirmidzi)
  2.       Seakan duduk ditaman syurga ALLAH, “jika kalian melewati taman syurga maka singgahlah dengan hati “. Para sahabat bertanya ,”Apakah taman syurga itu?” beliau menjawab ,”halaqoh-halaqoh dzikir (atau halaqoh ilmu) “ (HR Attirmidzi).
  3.       Masuk menjadi generasi termulia yaitu generasi termulia yaitu yaitu generasi Rabbani,”jadilah kalian generasi Rabbani, yang selalu al Qur’an (& as Sunnah) dan terus mempelajarinya (QS:3:79),.
  4.       Termasuk mejahid di jalan Allah, “siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu syar’I, maka ia berjiad di jalan Allah hinggah ia kembali( HR. At Tirmidzi).
  5.      Di doakan para malaikat
  6.       Meraih rahmat Allah
  7.       Senang tenang bahagia
  8.       Dibanggakan Allah “tiada suatu kaum duduk dalam majlis dzikir kapada ALLAH(majlis Ilmu), pasti di kelilingi malaikat, diliputi rahmat ALLAH, diturunkan pada mereka ketenangan ddan nama mereka disebut ALLAH di depan para malaikat-Nya. (HR.Muslim).
  9.       Jauh dari murka ALLAH,”Dunia ini terkutuk dengan segala isinya kecuali dzikrullah (taat kepada Allah) dan yang serupa itu, berilmu dan penuntut ilmu (HR. At Tirmidzi),
  10.     Menjadi kelompok umat terbaik, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang terbaik diantara kalian adalah yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya Al Qur’an (HR. Bukhari)
  11. 1.  Diantara 7 golongan di akherat kelak yang mendapat “perlindungan Allah” yaitu “ijtama’a alaihi wa tafarroqo alaihi” berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah (tafsir Hadist Rosulullah-HR Bukhari Muslim)
  12. 12.  Jalan mudah menuju syurga Allah “siapa yang melalui satu jalan untuk menuntut ilmu Allah, Allah mudahkan menuju jalan syurgaNYA” (HR. Abu Daud dan At Tirmidzi)
  13. 13.  Jamaah halaqoh ilmu kembali berkumpul bersama di akherat kelak, “seorang di akherat kelak di kumpulkan bersama siapa yang dicintai di dunia”. Nah apalagi alas an kita untuk menghadirinya, jangan sia-siakan hidup sebentar ini, ayo raih semua kemuliaan itu dengan duduk di majlisNya.


Diambil dari secretariat Majelis Az Zikra : Masjid Ad Dzikra

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger