Encapsulasi dan Dekapsulasi

Encapsulasi dan Dekapsulasi


Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah proses mempaketkan data sebelum dikirimkan ke penerima. Proses enkapsulasi sendiri adalah proses penambahan “header” (dan trailer jika dibutuhkan) pada setiap OSI Layer sebelum dilewatkan ke layer di bawahnya. Header dan trailer berisi informasi pengontrolan perangkat jaringan dan penerima untuk menjamin penyampaian data yang benar dan menjamin bahwa data dapat dimengerti dengan benar oleh penerima.Berikut adalah langkah-langkah proses enkapsulasi:
  1. Pemakai mengirim data ke Application layer
  2. Application layer menambahkan header (header layer 7) ke data dari pemakai. Data hasil dari penambahan header dari data pemakai kemudian dilewatkan ke Presentation layer.
  3. Presentation layer menambahkan header (presentation header)ke data yang diterima dari application layer kemudian dilewatkan ke Session layer.
  4. Session layer menambahkan header (session header) ke data yang diterima dari Presentation layer kemudian dilewatkan ke transport layer.
  5. Transport layer menambahkan header (transport header) ke data yang diterima dari session layer kemudian dilewatkan ke Network layer.
  6. Network layer menambahkan header (network header) ke data yang diterima dari Transport layer kemudian dilewatkan ke Data link layer.
  7. Data link layer menambahkan header dan trailer (Data link header dan trailer) ke data yang diterima dari network layer. Data link trailer biasanya adalah frame check sequence.
  8. Physical layer mengirimkan bit ke network media
Dekapsulasi
Dekapsulasi adalah proses pelepasan header dari layer ke layer.
Proses dekapsulasi:
Pemakai (end user )berinteraksi dengan lapisan aplikasi dan mengirim data (message) melalui lapisan tersebut.
  1. Memasuki lapisan transport,data ini kemudian dikemas dengan menambahkn informasi tentang protocol dilapisan tersebut. Informasi ini sering disebut sebagai HEADER
  2. Pembungkus header ini disebut sebagai enkapsulasi dan pada layer 4 disebut sebagai SEGMENT
  3. Memasuki lapisan transport,data ini kemudian dikemas dengan menambahkn informasi tentang protocol dilapisan tersebut. Informasi ini sering disebut sebagai HEADER
  4. Segment selanjutnya dikirim kelapisan network sebagai DATA. Kemudian data tersebut dikemas dengan informasi yang relevan untuk layer-3 berupa header.
  5. Pada lapisan network,layer-3 header dan data disebut sebagai PAKET
  6. Memasuki layer-2 paket tersebut kembali diberikan informasi yang disebut sebagai layer-2 header. Data ini kemudian disebut sebagai FRAME
  7. Frame kemudian memasuki layer-1 (physical layer) dan diubah menjadi bitstream yang akhirnya ditranmisikan ke tujuan
  8. Pada tujuan, bit stream ini kemudian diubah menjadi FRAME
  9. FRAME-header kemudian dilepas dan dikirim ke layer-3 sebagai PAKET
  10. Paket selanjutnya melepas Header dan mengirim data tersebut ke layer-4 sebagai SEGMENT
  11. SEGMENT kemudian melepas layer-4 header dan memberikan data ke layer -5,6,7 yang akhirnya diterima oleh user sebagai data.


Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger