belajar database dengan MySql (menggabungkan tabel dengan query)

belajar database dengan MySql (menggabungkan tabel dengan query)

Dalam materi sebelumnya saya sudah memberikan bagaimana cara membuat database dan bagaimana cara memasukkan data jadi pada bab ini saya tidak akan mengulangi lagi atau anda lihat materi sebelum Disini,
nah pada bab ini saya akan bagaimana memberikan contoh dasar-dasar menggabungkan tabel 1 dan tabel lainnya dengan query-querynya...
pada bab ini saya saya mencoba tabel dengan nama lain lihat gambar tabel yang saya buat..anda bisa mencobanya...
dalam membuat tabel ingat ada baris yang sama namanya atau saling keterhubungan pada contoh diatas pada tabel mhs ada baris yang sama dengan tabel kls yaitu baris kelas begitupun dengan tabel kls dan tabel dosen ada persamaan nama yaitu pada baris Ruang.
hal ini digunakan sintak-sintak pada query,,,
lihat gambar dibawah ini..
pada perintah diatas saya menampilkan kolom nama,npm,nama dosen ruang dan kelas dan kolom tersebut diambil dari beberapa tabel...
perhatikan pada gambar dibawah ini dan perhatikan yang saya lingkari dengan garis berwarna anggap aja itu seperti lingkaran...
lihat lingkaran kuning itu tertulis mhs.nama,dosen.Nama_dosen,dosen.Ruang,kls.Kelas. itu adalah jika anda ingin menampilkan nama dan Npm dari tabel mhs, nama_dosen,Ruang dari tabel dosen dan kelas dari tabel kls..
jika anda ingin menambah kode dosen anda tinggal menambahkan dosen.Kode_dosen sebelum from pokoknya nama tabel dulu contoh : dosen. dan setelah tanda titik (.) baru diisi dengan nama kolom yang anda inginkan..contoh : .kode_dosen..
lihat lingkaran merah itu tertulis from mhs,kls,dosen itu adalah nama-nama tabel yang dibuat jika anda membuat 4 nama tabel maka nama tabel harus ditulis semua...
lihat lingkaran biru itu tertulis where mhs.Kelas = kls.Kelas disini kegunaan membuat nama kolom dengan nama yang sama karena pada tabel mhs dan tabel kls itu terdapat nama yang sama yaitu Kelas...
selamat mencoba semoga bermanfaat..
itu lebih jelasnya anda bisa mencari referensi dari buku-buku tentang mysql dan bisa dari internet..
selamat mencoba..


Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger