Mengapa Lulusan Universitas Sulit Mendapatkan Pekerjaan

Mengapa Lulusan Universitas Sulit Mendapatkan Pekerjaan

  • Banyak informasi lowongan kerja tidak sampai ke para lulusan 
  • Tahun 2010 ada 8,3 juta orang menganggur di Indonesia. Alasan utamanya adalah karena masalah kualifikasi dan kompetensi lulusan baru
  • Rendahnya Soft kills yang dimiliki oleh para lulusan baru, seperti kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, kepercayaan diri, dan tanggung jawab.
  • Para pelamar baru biasanya tidak dapat mempertanggung jawabkan isi CV mereka (informasi palsu)
  • Karakter tenaga kerja lulusan baru sangat mudah memilih "hengkang" ketika menghadapi masalah, bukan mencari solusi.
  • Kualitas sumber daya manusia yang masih rendah. Dari 116,5 juta angkatan kerja(menurut data kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi 2010), 51 persen hanya lulusan sekolah dasar.
Kamu memegang Kendali kariermu sendiri 
Kamu harus selalu pro aktif, jangan berharap kalau orang lain akan peduli tentang kemajuan kariermu. Carilah banyak banyaknya relasi karena terkadang dengan memiliki banyak kenalan, bisa datang kesempatan yang tidak terduga. Belajar juga untuk mengidentifikasi kemampuan diri dengan baik dan lantang, tapi juga jangan sombong, selalu rendah hati dan mau belajar.
Pengalaman
Gunakanlah waktumu sebaik baiknya dengan cara mengambil pekerjaan volunteer, magang, freelance, part time atau mungkin pergi traveling keberbagai tempat atau negara lain. Coba juga kembangkan hobi.Siapa tahu dari hobi bisa datang peluang untuk memulau bisnis yang mendatangkan keuntungan.
Belajar menjadi Fleksibel
Apabila Untuk sementara masih tidak ada perusahaan yang mau/bisa menerima, coba kerjakan proyek - proyek prat time atau freelance.
dua ataupu tiga sekaligus tidak apa-apa. ini akan sangat membantu prtofolio dan resume kamu. Ketika sudah waktunya mendapatkan panggilan, perusahaan akan sangat terkesan dengan pengalaman anda.
selamat mencoba

sumber : Majalah Kampus Indonesia 2011 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger