struktur pasar
struktur pasar
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
dizaman yang era modern / globalisasi pasar pasar di indonesia sudah banyak yang tersebar baik monopoli maupun pasar umum. Dengan adanya pasar globasasi mau tidak mau produsen mampu membuat inovasi - inovasi yang mampu menarik penjualan produk.
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
- Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
- Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
- Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
- Pasar monopoli : Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- Pasar oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
dizaman yang era modern / globalisasi pasar pasar di indonesia sudah banyak yang tersebar baik monopoli maupun pasar umum. Dengan adanya pasar globasasi mau tidak mau produsen mampu membuat inovasi - inovasi yang mampu menarik penjualan produk.
Posting Komentar