Menghargai waktu

Menghargai waktu



Seorang teman mengeluh lantaran ditegur pengawasnya karena terlambat masuk kerja tak lebih dari lima menit.. yah !.. hanya lima menit.

Saat kita menunggu bergantinya lampu merah menjadi hijau di persimpangan , waktu satu menit terasa lama, bahkan ada yang nekat menerobos karena tidak sabar meski hanya menunggu beberapa detik,. Padahal resiko di tilang sangat besar

Dua hal di atas lebih dari cukup untuk menjadi ibrah atau pelajaran betapa berharganya waktu, namun sayang kita terkadang tak pernah menghargai waktu.

Coba anda intropeksi, berapa lama anda duduk di depan komputer, memainkan ponsel atau menonton televisi, masih bagus bila ada manfaat yang kita peroleh dari kegiatan tersebut, tapi menjadi naif manakala waktu yang kita luangkan tak sebanding dengan manfaat yang kita peroleh.

الوقت كالصيف اذا قطعت فقد قطعك

(waktu laksana pedang , bila kamu tidak memotongnya maka ia akan memotongmu)

Memotong, artinya membagi waktu,  membuat jadwal , membuat alokasi waktu, namun jangan kita terbelenggu dan menjadi kaku oleh ketentuan yang kita buat sendiri meski dengan alasan di siplin, buatlah menjadi fleksibel sesuai kebutuhan kita , gabunglah pekerjaan yang dapat dilakukan secara bersamaan seperti mencuci sambil memasak, bila perlu adakan alarm.

Waktu terkadang juga menjadi ikon dalam memastikan sesuatu , dengan ungkapan “tunggu waktunya !.

Waktu adalah kesempatan.. kesempatan untuk kita berbuat lebih baik, lebih banyak, lebih bermanfaat, untuk kita, keluarga, masyarakat, bangsa terutama untuk agama/akherat kita.

Pernahkan anda menjadi panitia dalam acara-acara besar semacam panggung gembira, perayaan maulid betapa berharganya waktu,. Betapa sulitnya kita mengatur waktu agar semua pelaku acara yang kita undang dan persiapkan dengan susah payah dapat di tampilkan dengan durasi waktu yang sangat tepat sesuai dengan keperluannya, atau bahkan yang lebih besar lagi protokoler bagi seorang presiden, betapa sangat berharganya waktu dari menit ke menit.

و العصر

(demi masa QS 103;1)

Begitu pentingnya waktu sampai Allah bersumpah dengan waktu yang Dia ciptakan sendiri.

Wallahu a’lam..

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger