Ujian Nasional

Ujian Nasional


Seluruh siswa-siswi SMA sederajat diseluruh Indonesia sedang melaksanakan ujian nasional. Mungkin ini adalah hari-hari yang menebarkan, dimana di Ujian Nasional inilah nasib para siswa ditentukan untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Tapi ujian di tahun 2012 ini pemerintah menetapkan bahwa 60% lulusan ditentukan oleh sekolah.
Ujian nasional sangatlah baik karena dengan ujian ini para siswa diuji sampai mana batas pemahaman mereka didalam memahami pelajaran dalam waktu satu tahun. Mereka yang sudah siap untuk mengahadapi ujian nasional ini mungkin tidaklah takut, tapi mereka yang belum siap ujian nasional mereka anggap sebagai momok yang menakutkan. Karena jika mereka tidak lulus maka mereka akan malu. Bahkan tahun yang lalu sebelum pemerintah menetapkan bahwa sekolah bias menentukan kelulusan, ada seorang mahasiswa bunuh diri karena tidak lulus ujian nasional.
Aksi contek-contek mencontek yang dilakukan para siswa yang selama ini selalu dibicarakan, mungkin mereka kurang percaya dengan jaawaban sendiri. Seolah olah kejujuran itu tidak ada, tapi menurut saya contek mencontek sah-sah saja karena saya beranggapan bahwa jika tidak lulus ujian maka akan malu juga. Nah mungkin ketika sudah kejenjang kuliah baru aksi contek mencontek itu demi sedikit dihilangkan. Tapi yang lebih memprihatikan jika ada aksi sogok menyogok, karena kebanyakan sekarang untuk masuk ke universitas yang baik, mereka harus menyogok atau membayar lebih mahal.
Bicara soal pendidikan pemerintah mangaggarkan dana yang begitu besar, tapi mengapa masih ada sekolahan yang tidak terurus bahkan ada bangunan yang sudah tidak layak pakai. Coba kita lihat sekolahan yang berada di pelosok desa, seakan wajah pendidikan pendidikan di Negara ini kurang diperhatikan, padahal anggaran untuk biaya pendidikan sangatlah besar. Tapi kita lihat sekolahan yang ada di Ibu kota, bangunan yang megah, tingkat bahkan fasilitas yang begitu lengkap. Apakah memang pendidikan itu hanya diperhatikan untuk sekolah-sekolah yang ada di Ibu Kota, sungguh ini tidak adil, padahal kita hidup dalam satu Negara, tapi mengapa masih ada diskriminatif.

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger